Langsung ke konten utama

Sisi Positif Dari Begadang

Ilustrasi.
BugarQ - Begadang identik dengan aktivitas sering dikaitkan dengan berbagai hal negatif. Lantaran jika begadang, kamu tentu akan bangun di siang hari alias kesulitan untuk bangun pagi. 

Namun, di sisi lain mereka percaya, ide-ide kreatif muncul di larut malam. Kepercayaan tersebut tidak selamanya salah. Seperti yang dikatakan Dr. Sharad Paul, salah satu manfaat dari begadang yang bisa kita peroleh adalah lebih produktif dan kreatif. 

Perlu diingat, jika Anda tidur larut malam lalu bangun pagi-pagi sekali, hal ini bisa membatalkan manfaat sehat dari begadang. Manfaat ini baru bisa Anda dapatkan dengan tidur larut malam, lalu bangun di waktu yang lebih siang.

Tetapi, ada beberapa penelitian yang mengungkapkan jika begadang tak melulu memiliki dampak negatif. Tak selalu mereka yang bangun lebih pagi atau tidak beagdang selalu lebih unggul dari mereka yang suka begadang.

Berikut beberapa dampak postif dari begadang. Mari di simak penjelasannya.

Memiliki Kecerdasan 

Orang yang sering begadang ada kemungkinan lebih cerdas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, anak-anak yang lebih cerdas biasanya jam tidurnya lebih malam. Mereka juga bangun siang baik di hari sekolah maupun akhir pekan.

Walaupun begadang tidak menjadikan Anda lebih pintar, namun jika jam tubuh Anda lebih produktif di malam hari, bisa jadi ini adalah penjelasan di baliknya.

Lebih Kreatif

Erin Elizabeth mengutip berbagai hasil penelitian yang menunjukkan ragam keuntungan menjadi tukang bergadang. Salah satunya studi dari Catholic University of the Sacred Heart, Milan, Italia yang menemukan bahwa tukang begadang memiliki kecenderungan lebih kreatif dibandingkan yang suka bangun pagi.

Memiliki Tingkat Kewaspadaan

Anda mungkin berpikir, begadang akan membuat Anda kesulitan fokus, namun selama Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, hal ini justru akan meningkatkan kewaspadaan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Science menemukan, para pekerja malam secara umum bisa melampaui kemampuan para pekerja pagi dalam seberapa lama mereka bisa terjaga dan mentalnya waspada sebelum merasa lelah secara mental.

Lebih Mungkin Mengambil Risiko

Hal ini bisa jadi sesuatu yang positif sekaligus negatif. Para peneliti dari University of Chicago menemukan, para pekerja malam cenderung adalah mereka yang berani mengambil risiko.

Ketika berhubungan dengan judi, hal ini bukanlah sesuatu yang baik. Namun jika berbicara bisnis atau memulai usaha baru, menjadi pekerja malam yang berani mengambil risiko bisa jadi berguna.

Mempunyai Pendapatan yang Lebih

Gale dan Martyn juga meneliti soal begadang dengan melakukan studi terhadap 1229 responden yang terdiri dari tukang bangun padi dan tukang bergadang. Gale dan Martyn menemukan bahwa tukang bergadang justru cenderung berpotensi meraih pendapatan lebih tinggi.

Membaca hasil studi ini, dapat diasumsikan bahwa mereka yang gemar bergadang memanfaatkan waktu lebih pada malam hari untuk lebih produktif, entah itu dengan belajar, berkarya, atau meneruskan tugas-tugas kantor yang pada akhirnya mendorong performa dan prestasi mereka.

Begadang memang memiliki sisi positif. Namun, Begadang tidak dianjurkan jika tidak pada hal yang  positif dan produktif seperti belajar dan lain sebagainya. Agar dampak positif begadang dapat di rasakan. Anda harus memanfaatkan waktu begadang tersebut untuk hal-hal positif dan produktif. 


Komentar