Langsung ke konten utama

Serba Serbi Pohon Karet dan Manfaatnya

Pohon karet
BugarQ -- Pohon karet merupakan tumbuhan tahunan yang bisa hidup hampir 30 tahun. Pohon karet berasal dari Brazilia, Amerika Selata, dahulu pohon karet berkembang dan menjadi banyak di Indonesia. Beberapa dari kita hanya mengetahui manfaat pohon karet sebagai bahan baku untuk pembuatan karet, ban, dan sejenisnya. Ternyata, ada manfaat lain dari tanaman karet untuk manusia hingga dampak baiknya bagi lingkungan.

Apa aja sih manfaatnya, yuk simak!

Menjaga iklim lingkungan
Pohon karet sangat baik untuk lingkungan. Karena pohon karet bisa mencegah asap serta polusi udara yang buruk bagi kesehatan. Selain itu, perkebunan karet juga dapat mengatasi banjir, tanah longsor, dan semua masalah lingkungan yang dikarenakan kondisi tanah yang tidak stabil.

Bisa dijadikan tikar lantai
Getah karet  tak hanya bisa dijadikan ban namun juga dapat dibuat menjadi tikar lantai. Tikar lantai yang terbuat dari karet tersedia dalam beragam bentuk dan ukuran.

Bahan obat-obatan
Nah yang ini jarang diketahui, ternyata getah karet bisa digunakan sebagai salah satu bahan obat. Biji karet mengandung berbagai jenis senyawa dan nutrisi seperti air, lemak, protein, dan senyawa lain. Selain itu, biji karet juga mengandung tiamin, akroten, asam nikotinat, tokoferol, yang bisa digunakan sebagai campuran bahan obat-obatan. Proses pembuatannya tentu dengan proses kimiawi yang panjang.

Bahan campuran makanan
Seperti poin diatas, getah karet menyimpan banyak kandungan yang bermanfaat sehingga bisa juga dijadikan bahan campuran makanan. Untuk campuran makanan, getah karet harus diolah dengan benar sesuai prosedur yang ada. Getah karet yang diolah sesuai prosedur dapat menjadi campuran snack, kue, bahkan makanan bayi.

Dapat berperan dalam reboisasi dan rehabilitasi lahan
Tanaman karet dengan baik beradaptasi dengan lingkungan dan tidak memerlukan tanah dengan kesuburan tinggi untuk tumbuh.

Nah itulah beberapa manfaat karet, masih banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari pohon karet. Namun sayang sekarang perkebunan pohon karet masyarakat saat ini mulai dialihkan menjadi kebun lain karena murahnya harga dari getahnya sehingga untuk memenuhi tuntutan ekonomi masyrakat banyak beralih ke perkebunan sawit dan lainnya. 


Komentar