Langsung ke konten utama

Warna Kuku Bisa Dijadikan Sarana Untuk Deteksi Penyakit

Ilustrasi.
BugarQ -- Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari dan memiliki pori-pori, kuku terbentuk dari protein. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.

Sejak dahulu kuku bisa dijadikan slah satu sarana untuk mendeteksi penyakit pada tubuh, pembuluh darah kapiler yang ada dibawah kuku memiliki suplai darah kuat sehingga normalnya akan menimbulkan warna kemerah-merahan. Warna tersebut bisa berubah-ubah sekaligus menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami penyakit serius.

Berikut cara mendeteksi penyakit melalui warna kuku:

Kuku Pucat
Kuku yang berwarna pucat menandakan kita mengalami anemia atau kurang darah. Jika kuku terlihat sangat pucat, segeralah periksa ke dokter karena bisa jadi itu adalah tanda awal timbulnya diabetes atau gangguan pada liver.

Kuku Putih 
Ketika seluruh kuku berwarna putih, hal ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang memiliki penyakit hati, gagal ginjal, diabetes atau gagal jantung kongestif. 

Kuku kuning
Kuku yang berwarna kuning menandakan penuaan usia dan kebiasaan buruk seperti merokok atau karena seseorang terlalu sering menggunakan cat kuku. Selain itu kuku yang berwarna kuning dengan adanya pembengkakan tangan bisa menjadi tanda bronkitis kronis.

Kuku Mengelupas
Pada sebagian orang sering mengalami kuku mengelupas hal ini dikarenakan kuku terlalu banyak terkena uap air atau terlalu lama ditutupi cat kuku.

Kuku biru
Warna biru kehitaman pada gugu mendeskripsikan kondisi bahwa tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen atau sebagai tanda bahwa ada racun tertentu di tubuh anda. Selain itu kuku berubah warnanya menjadi biru karena efek samping obat-obatan tertentu atau tanda dari penyakit seperti asma, penyakit paru obstruksi kronis, anemia berat atau gangguan pembuluh darah tepi. 

Garis Merah Pada Kuku
Bercak berwarna merah yang akan muncul di dasar kuku biasanya karena adanya infeksi pada katup jantung dapat menyebabkan. 

Garis Gelap di Bawah Kuku
Garis-garis gelap yang muncul di bawah kuku bukanlah pertanda baik. Jika sering mengalami gejala ini, segeralah berkonsultasi ke dokter karena itu bisa menjadi salah satu tanda penyakit melanoma agresif.

Melanoma adalah jenis kanker kulit paling berbahaya, berkembang dengan gangguan sel yang memproduksi melanin pigmen yang memberikan warna kulit. Kebanyakan melanoma terlihat seperti tahi lalat baru, dan kadang berkembang di bawah kulit.

Komentar