Langsung ke konten utama

Manfaat Kunyit Putih Yang Jarang Diketahui

Curcuma zedoaria.
BugarQ -- Kunyit putih atau dikenal juga dengan Curcuma zedoaria merupakan tanaman rhizoma yang memiiki warna kuning muda ata cream, kunyit putih hanya tumbuh pada daerah yang mempunyai hawa atau suhu dingin. Pada kunyit putih terdapat bintik yang hampir sama seperti umbi jah dan aroma dari kunit ini hampir mirip dengan mangga kweni.

Seperti yang kita ketahui bersama tumbuhan rempah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sama halnya dengan kunyit putih, berikut manfaatnya:

Anti racun dan anti radang
Ekstrak kunyit putih mampu menghambat racun yang disebabkan oleh ular. Selain itu tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat pembengkakan dan peradangan.

Antioksidan
Kandungan minyak esensial yang terdapat pada kunyit putih diklaim mampu menghambat serangan radikal bebas terhadap tubuh, sehingga oksidasi pada tubuh dapat dikurangi.

Anti nyeri
Kandungan Curcumenol pada kunyit putih bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

Anti kanker

Pada kandungan kunyit putih terdapat zat-zat yaitu CTR-17 dan CTR-20, zat ini mampu merusak sel-sel kanker dan membelah sel kanker yang kemudian merusaknya tanpa mengenai sel-sel sehat yang lainnya. Sehingga kunyit putih menjadi salah satu obat yang sangat baik untuk mengobati kanker.

Selain manfaat khusus di atas kunyit putih memiliki manfaat lain yaitu mengatasi masalah masuk angin, mengatasi berbagai gangguan pencernaan , sebagai penambah stamina untuk kesehatan, melancarkan air seni, obat penyakit diare, menambah nafsu makan. Nah itulah manfaat dari kunyit putih yang dapat saya uraikan, semoga bermanfaat.

Komentar